Laman

Rabu, 04 November 2015

Tersadarkan 1 - Perjalanan Mencari Pencerahan

(Part 2) Perjalanan Mencari Pencerahan...
Om tante...Ini dia sambungan dari cerita sebelumnya...
Yuk langsung dilihat om tante...
...
...
...
Sebelumnya saya sudah menuliskan cerita "Mengapa saya tobat"...Untuk om tante yang belum baca cerita sebelumnya silahkan lihat di Sini ...
Nah di post ini saya akan menceritakan lanjutannya...
Silahkan dibaca secara perlahan ya om tante hehe...
...
...
...
=== Perjalanan Mencari Pencerahan ===

Setelah peristiwa yang hampir membuat saya celaka, muncul perkataan dalam hati saya...
"ALLAH sangat sayang ke saya...Rezeki yang diberikan sangat berlimpah, dikasih anak yang lucu-lucu, istri yang baik dan sangat cantik, doa ini itu dikabul...Apalagi yang kurang?...Sudah waktunya bagi saya untuk benar-benar berada di jalan yang diridhoi oleh ALLAH SWT dan menjauhi laranganNya!"...
Saya lalu sholat tobat dan saat saya sholat tobat itulah saya merasakan perih dan sakit di hati saya...
Saya kemudian ngobrol dengan sang jendral susis Uki Syukri. Dia lalu menyarankan kami untuk "menjadikan rencana untuk ke pondok atau ke pesantren yang ada di kuningan"...Saat itu kami sepakat kalau saya akan ke Indramayu terlebih dahulu (ke rumah uki), barulah kemudian sama-sama ke kuningan...
Nah satu hari sebelum berangkat...
Saya masih harus menyelesaikan banyak kerjaan. Saya kemudian menghubungi om Uki agar rencana ke pondok ditunda saja karena saya masih banyak kerjaan...
Namun saat itu om uki seakan memaksa saya dengan berkata...
"Jangan dicancel om...Ga enak dah janji sama pak ustad"...
Alhasil saya pun buru-buru ngeberesin kerjaan sampai begadang seharian suntuk (saat itu saya begadang hingga jam 2 siang...Ya saya belum tidur tidur hingga jam 2 siang)...
Karena mobil jemputan / travel datangnya beberapa jam lagi (yaitu jam 4.30 sore)...Saya kemudian maksain mata untuk merem dan tidur sejenak...
Ketika saya sedang asik tidur...Istri saya lalu membangunkan saya jam 4 sore...Wah mata saya rasanya masih ngantuk berat saat itu...YA SUPER NGANTUK...Biasanya kalau saya dah tidur mah kaya kebo, 9 jam tidur baru bangun haha...
Saya sempat bilang ke istri...
"Ditunda aja dl deh ke pesantrennya, ngantuk banget aku say"...
Tanpa basa-basi istri saya lalu bilang...
"Berangkat sekarang atau ga sama sekali"...
Saya pun kemudian bergegas mandi dengan rasa ngantuk yang benar-benar menyiksa...
Setelah mandi, saya melihat istri saya sudah mempersiapkan perlengkapan saya untuk perjalanan ke pesantren...Saat itulah rasa kantuk dan malas saya hilang (saya melihat istri saya benar-benar bersemangat dan benar-benar mendukung..."Saya harus semangat juga!"...Kata saya dalam hati saat itu)...
Tepat jam 4.30 sore mobil jemputan pun tiba...
Istri dan anak-anak saya lalu mengantarkan saya hingga depan rumah. Sambil berbisik istri saya lalu bilang "yang semangat ya pap belajarnya"...
Saya kemudian naik mobil jemputan dan memulai perjalanan ke Indramayu dengan penuh semangat...
Nah beberapa jam setelah perjalanan...
Mobil travel ini berhenti di sebuah rumah makan...
Disinilah tantangan lanjutan itu muncul...
Ketika saya masuk ke rumah makan tadi...Saya lalu melirik kanan kiri untuk mencari tempat ngecas handphone...
Di sebelah kiri saya...Saya melihat seorang perempuan yang wajahnya cantik sedang duduk santai. Nah disebelah perempuan cantik itu saya melihat ada colokan listrik...
"Hmm...Ga enak juga eui kalau duduknya dekat si mba itu"...kata saya dalam hati...
Saya lalu memanggil pelayan rumah makan dan bertanya adakah tempat colokan listrik yang lain disini?...
Sang pelayan kemudian menjawab...
"Ga ada pak...Adanya cuma yang disana saja"...
Waduh...Masa saya harus duduk dekat tuh mba cantik haha...
Saya kemudian jalan ke arah mba itu dan bilang...
"Maaf mba boleh ga saya..."
Belum beres saya ngomong, si mba tadi tiba-tiba bilang ke saya...
"Ya boleh mas"...Katanya sambil senyum dan ngelihat kursi sebelahnya...
Wah saya lalu bilang lagi ke mba cantik itu...
"Bukan mba...Saya ga mau duduk disana. Maksud saya boleh ga saya ikut ngecas hp..Handphone saya saya taruh di dekat mba"...
Si mba cantik tadi lalu senyum dan bilang...
"Oh...Saya kira...Ya ya boleh mas"...
Karena takut ditanya-tanya lagi ama tuh mba cantik, setelah naruh handphone, saya lalu bergegas nyari tempat duduk...
Ketika saya sedang duduk (agak jauh dari handphone dan mba tadi), saya lalu sesekali melirik ke arah handphone saya...
Setiap saya melirik ke arah handphone saya (yang saya taruh di dekat tuh mba cantik)...Si mba cantik tadi selalu tersenyum manis ke arah saya...
"Oalah...Mau ngelihat handphone pun ada tantangan lagi...Ada setan kayanya nih yang lagi bisik-bisik"...Itu kata saya buat ngelawan pikiran aneh aneh wkwkwk...
Nah lanjut lagi...
Setelah istirahat sebentar di rumah makan...Sang supir mobil travel kemudian memanggil saya dan penumpang lainnya (sepertinya sudah siap lanjut jalan)...
Namun ketika saya keluar, ternyata sang supir bilang...
"Maaf ya pak bu...Kita harus nunggu mobil lainnya dulu...Sudah dekat kok mobil lainnya"...Gitu kata pak supirnya...
Nah setelah satu jam menunggu...Ternyata tuh mobil ga datang datang...Biasanya sih saya langsung emosi kalau disuruh nunggu (nunggu 5 menit aja bisa buat saya marah-marah haha). Tapi kali ini agak berbeda...Saya berusaha menenangkan diri sambil berkata dalam hati "wah kayanya tantangan lagi nih"...
Ketika pak supir minta maaf ke saya karena lama menunggu, saya lalu bilang ke pak supir..."Gpp pak...Kita tunggu saja" kata saya sambil senyum (wah kok bisa ya saya sabar...Kata saya sambil bingung dalam hati haha)...
Beberapa lama setelah menunggu, akhirnya mobil yang ditunggu datang juga. Kami pun lalu melanjutkan perjalanan ke Indramayu. Saat diperjalanan saya sempat melihat sebuah mesjid yang sangat ramai. Ada banyak orang di sekitar mesjid itu, sepertinya mereka baru selesai pengajian...Saat itu saya lalu berkata di dalam hati..."Wah hebat juga daerah ini...mesjidnya ramai banget, kota saya tinggal bisa gitu ga ya?".
Sesampainya di Indramayu (kira-kira jam 12 malam)...Sang Jendral susis alias om Uki lalu menyambut saya dengan segelas kopi. Kami lalu membahas tentang persiapan berangkat ke pondok. Saat itu om uki bilang ke saya kalau besok berangkat ke pondoknya pagi-pagi naik motor...perjalanannya sekitar 3 jam...
"Oalah naik motor...Apa ga ada bus kesana?"...Tanya saya...
Om uki lalu ngejawab...
"Ga ada bus om...Adanya angkutan umum...Om ga kan suka naik umum...Lama om, trus bau lagi"...
"Walah...Ya sudah naik motor aja dah", kata saya ke om uki...
Setelah ngobrol sampai jam 2 malam, om uki lalu pamit tidur...
Nah saat itu saya juga mencoba tidur...
Namun...Penyakit susah tidur itu pun datang...
Saat saya memejamkan mata, pikiran saya selalu memikirkan anu, anu dan anu...Akhirnya saya bangun dan main game...
Sekitar jam 5 subuh saya lalu mencoba tidur lagi, tapi tetap saja ga bisa tidur. Nah pas jam 6 pagi saya melihat langit sudah terang. Saat itu muncul kata-kata dipikiran saya..."Wah kalau belum tidur trus berangkat ke pondok (kuningan), bisa kaco nih"...
Saya kemudian memaksa memejamkan mata alias tidur ayam...
Kira-kira sekitar jam 7 pagi om Uki kemudian nganterin sarapan (makanan khas Indramayu dan secangkir kopi)...Om uki lalu bilang ke saya..."Pasti si om belum tidur nih"...
"Iya susah tidur...Nanti siang atau sore aja ya berangkat ke pondoknya. Saya tidur dulu bentar. Kalau berangkat pas belum tidur ngeri eui"...Kata saya ke om uki...
Om uki lalu menjawab...
"Jangan om...Kalau kita berangkatnya siang panas banget om, kalau kita berangkatnya sore ntar kita nyampainya malam. Om tidur tidur motor aja"...Gitu katanya...
"Tidur di motor?...gmn tuh tidur di motor? parah bener"...tanya saya lagi ke om uki...
Si om uki lalu ngejawab...
"Ya ntar om tak iket pake tali"...Katanya sambil cengengesan...
Oalah asem bener nih si jendral susis...Kalau lagi ga dirumahnya nih dah tak siksa dia wkwwkwk...
Lanjut lagi...
Setelah selesai sarapan, istri saya kemudian nelpon saya. Istri saya sedikit khawatir dan cemas karena saya bilang ke dia kalau kami akan berangkat pagi ini walau saya belum tidur.
Setelah selesai telponan dengan istri, saya lalu memaksa diri saya untuk mandi (walau belum tidur)...
Beberapa lama setelah itu saya lalu bersiap-siap untuk berangkat ke kuningan dengan om uki....
Om uki kemudian ngeluarin motornya dan memberikan helm ke saya. Karena saya ga bawa jaket dan om Uki ga punya jaket lain, maka saya harus pasrah ga pakai jaket...
"Sudah belum tidur, ga pakai jaket pula haha"...
Saat itu ketika sebelum berangkat, saya berdo'a...
"Ya ALLAH...Jika ini adalah jalan yang harus saya tempuh maka kuatkanlah saya, lindungilah saya dan teman saya ini, mudahkanlah perjalanan kami"...
Kami lalu memulai perjalanan dari Indramayu ke kuningan...
Saat diperjalanan...Berkali-kali saya merasa ngantuk dan lemas...
Saat saya merasa seperti itu, saya kemudian berdzikir, berdoa dan memikirkan kenapa saya harus bertobat...Nah setelah saya melakukan itu, rasa kantuk dan lemas tersebut hilang...
Setelah beberapa jam perjalanan akhirnya kami hampir sampai di cirebon...Saat itu om uki nunjukin ke saya makam sunan gunung jati. Saya melihat banyak orang yang datang ke makam itu...
Hmmm...Kemudian saya berkata dalam hati...
"Ramai banget orang-orang yang datang ke makam itu...Mudah-mudahan mereka ga seperti saya yang dulu....Minta-minta berkah di kuburan kramat, minta do'a ke leluhur, minta jimat atau minta pengasihan untuk usaha"...
Beberapa lama setelah itu kami pun sampai di kota Cirebon...
Kami kemudian berhenti sejenak untuk ngopi dan melepas lelah...
Nah karena jarak pondok sudah dekat...
Saat itu saya bilang ke om uki kalau ke pondoknya sore saja, sekarang cari hotel dulu biar bisa tidur sebentar...
Setelah berdiskusi, kami setuju kalau ke pondoknya sore saja namun perjalanan ke kuningan harus tetap dilanjutkan (cari hotelnya di kuningan saja)...
Sebelum lanjut jalan saya kemudian menelpon istri saya...
Saat itu saya bilang ke dia...
"Mam kami dah sampai Cirebon...bentar lagi sampai kuningan"...
Perasaan saya sangat senang ketika menyampaikan kabar itu ke istri saya. Dan ketika kami melanjutkan perjalanan ke kuningan, perasaan saya juga merasa sangat sangat senang...
"Ntahlah...Saya juga bingung kenapa saya sangat senang...Hati saya merasa sangat senang saja...Rasa senang yang saya rasakan ini sangat jarang saya rasakan sebelumnya (seakan-akan saya akan mendapatkan rezeki yang sangat besar)"...
Setelah sampai di kuningan, kami lalu istirahat di sebuah hotel. Setelah sholat dzuhu, saya lalu tidur sejenak...
Kira-kira sekitar jam 4 sore saya lalu bangun kemudian lanjut mandi, sholat dan makan...
Setelah badan saya fit kembali, kami lalu berangkat ke pondok...
Perjalanan dari hotel ke pondok sangat dekat...Hanya butuh beberapa menit saja kami sudah sampai di pondok / pesantren yang bernama Husnul Khotimah...
Saat sampai di pondok, kami ga langsung menemui ustad (harus nunggu dulu pak ustad beres ngajar). Kami lalu menunggu di sebuah warung kecil (ibu-ibu yang jualan kelapa muda)...
Nah saat itu ada kejadian menarik juga...
Ketika si ibu yang jualan kelapa mempersiapkan kelapa muda untuk kami, tiba-tiba saya berkata dalam hati...
"Kok dagangan ibu ini sepi banget ya...Kasian kelapanya masih banyak, ntar basi kalau ga ada yang beli"...
Beberapa menit setelah saya berkata sepeti itu di dalam hati, tiba-tiba ada gerombolan anak-anak yang mengenakan baju pramuka datang ke warung ibu itu....Warung ibu itu pun mendadakan sangat penuh dan ibu itu pun kewalahan meladeni anak-anak yang pengen beli kelapa muda...
Saat itu saya sadar seperti diperlihatkan sesuatu oleh ALLAH...Saya kemudian berkata lagi dalam hati...
"Sesungguhnya ALLAH itu Maha mengetahui atas segalanya"...
Saya pun lalu tersenyum ke arah ibu pemilik warung...
Beberapa lama setelah itu saudara om uki datang menjemput kami. Om uki lalu ngomong ke saya "Om...Matiin rokoknya...Di area pondok ga boleh merokok"...
Saya lalu berbegas membuang rokok saya dan kami pun kemudian jalan memasuki area pondok...
Saat memasuki area pondok, saya melihat anak-anak muda yang berpakaian Islami...Suasana yang saya rasakan saat itu sangat tenang dan nyaman..."Alhamdulillah", kata saya dalam hati...
Ketika sampai di sebuah gedung (gedung bagian dakwah yang ada di pesantren Husnul Khotimah)...Saya dan om Uki kemudian disambut oleh seorang ustad yang sangat ramah.
Saya lalu menjelaskan tujuan kami datang ke pondok, yaitu karena saya ingin bertobat...
Pak ustad lalu bilang...
"Alhamdulillah...ALLAH sangat senang dengan hambanya yang bertobat. Rasa senang ALLAH itu melebihi dari rasa senang seorang hamba yang kehilangan unta terbaiknya dan kemudian ia menemukannya kembali (setelah ia putus asa mencarinya)...
Pak ustad kemudian mengajak kami untuk pindah ke ruangan khusus...Disana saya lalu di ruqiyah...
Pak ustad lalu menjelaskan apa yang harus saya lakukan dan dia mulai membaca ayat-ayat suci Al Quran...
Nah saat itu tiba-tiba badan saya merasa lemas dan saya juga merasa seperti ada yang mau keluar dari tubuh saya...
Beberapa menit saat proses ruqiyah berlangsung...Saya kemudian seperti mengaung layaknya seekor harimau...
Saat itu badan saya sama sekali ga bisa saya kendalikan...
Saya lalu bertanya-tanya di dalam hati...
"Wah apa ini?...Kenapa saya gini?"...
...
...
...
...
...
(Bersambung)...
** Di part selanjutnya akan saya ceritakan lebih lanjut tentang pengalaman saya di ruqiyah, pengalaman menarik di kuningan dan lain-lainnya...Standby ya om tante hehe...
...
Note : Cerita ini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Tidak ada maksud untuk memojokkan golongan tertentu.
Note : Walau diperjalanan saya belum tidur, ga pakai jaket dan angin ketika perjalanan sangat kencang...Alhamdulillah dengan izin ALAH SWT, sedikitpun saya ga masuk angin dan sedikitpun saya ga sakit...Alhamdulillah...
Note : Pesantren Huskul Khotimah ini adalah salah satu pesantren (salafy) yang terkenal di Indonesia. Posisi pesantren ini di kuningan. Kalau om tante mau mondok, nih pesantren cocok banget hehe.
Note : Ustad yang menyambut kami adalah Ustad salafy...Jenggotnya panjang dan celananya cingkrang. Dia sangat ramah dan sama sekali tidak ada "kesan radikal" seperti yang dituduhkan oleh banyak orang kepada para salafy. Ketika saya membahas tentang aliran "melenceng" dan berkata akan memerangi aliran itu, sang ustad pun berkata ke saya "perdalam dulu agama, perbaiki diri serta keluarga dan beri contoh ke yang lainnya"...Lihat selengkapnya di cerita saya selanjutnya hehe...
Semoga cerita saya ini bermanfaat dan semoga dengan cerita-cerita saya ini nantinya banyak orang yang ikut bertobat dan mengajak orang lainnya untuk kembali ke jalan ALLAH SWT...Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar